Sabtu, 21 Agustus 2010

Ketika Saya Menjadi Dua Puluh Satu

Sabtu, 14 Agustus 2010

clip_image001

Tahun ini terasa beda sekali, saya ga terlalu antusias menyambut kehadiran hari lahir saya. Ga ada make a wish di tahun ini, ga ada harapan. Karena saya mulai benci berharap.

Sekitar pukul 20:26, pada hari kamis 12 Agustus… adik bungsu saya menelpon, mengucapkan selamat ulang tahun lalu kita mengobrol sedikit… tak banyak yang kami bicarakan hanya tentang bagaimana puasa? Apa menu buka puasa? Minta oleh-oleh, dan sudah… pembicaraan berhenti karena pulsa adik saya mw habis.

Lalu, saya kembali mengerjakan berbagai tugas, tugas pkl dan tugas snn-pdb benar-benar menyita perhatian saya. Hingga pas pukul 00:31, saya mendapati seorang sahabat hadir melalui pembicaraan via telpon. Saya sangat tidak menyangka kalau dy bakalan menelpon. Kita ngobrol panjang lebar-ketawa ngakak sampe sakit perut. Lumayan lama kita menghabiskan waktu untuk cerita. Hum,, rasanya uda lama sekali saya ga denger dy cerita, cerita-cerita tentang kehidupan dy yang lucu yang selalu bisa bikin saya ketawa sampe sakit perut.

Dan saya senang mendapat telpon dari mereka berdua.

Tapi, saya benar-benar mengantuk kemarin. Saya baru tidur setelah sahur dan bangun sebentar buat solat subuh lalu tidur lagi kemudian bangun karena harus kuliah.

Kemarin full sesi kuliah, tapi mood saya pagi itu masih bagus, saya sempat bertemu dengan kak Mustafa buat nanya time series. Saya juga mendapat ucapan dari beberapa teman. Termasuk kak mun’im, lalu kita ngobrol tentang snn-pdb, pas lagi ngobrol mas agus lewat dengan senyum sumringah-saya uda geer saat itu, saya sangka dy bakalan ngucapin selamat ulang tahun ke saya-lalu dy jalan ke arah saya memegang pundak saya sebentar lalu bertanya “Ada kuliah?”, hanya itu. Dan, saya Cuma bisa bengong. Kata kak mun’im, tina jutek banget. Padahal ga ada maksud membentuk raut wajah seperti itu. Trus, kak mun’im merasa ada keanehan pada diri saya. Dan, saya mulai berkaca-kaca. Tapi, saya belum bisa cerita.

-saat itu, saya masih berpositiv thinking ria. saya rasa dy ingat tapi dy ingin jadi orang yang terakhir ngucapin ultah ke saya-

Hum,, hari kemarin saya juga mendapati ucapan dari nomor tak dikenal, ternyata Yudi yang ngerjain saya. Teman kala SMP.

Saat sesi 3 mulai, saya sempat mengirim pesan singkat ke nomor hp kakak kandung saya (Ricky). Isinya singkat, cuma “Sombongyo…My body is not delicious…;(“

Agak lama setelah itu, kak ricky bales sms,, isinya kayak marah-marah malah sempet ngatain aku manja banget. Aku sebel banget sama dy, aku bales aja sekenanya. Eh,, dy malah nyangkain aku lagi pms. Trus, dy bilang mw denger cerita ga? Dengan nada jutek, aku bilang cerita aja… dan, dy pun bercerita..

“Heheh… Dlu waktu ibu hamil kau, si ricky kecil (mungkin umur aku 1,5 tahun kalu) ngomong sm papa… pa aku mw adek cewe.. kata papa cium perut ibu kalo mw adek cewe.. dan akhirnya saya cium perut ibu, dan lahirlah engkau… I love u bahkan sebelum kau dilahirkan…(itu satu2 kejadian yg aku inget waktu aku masih kecil) heheh jadi malu..”

Aku nangis ngebaca sms itu, berulang kali air mataku jatuh… perasaan aku sakit.. sakit karena haru dan rindu… ga nyangka banget kalau dy menginginkan punya adek cewe… betapa selama ni kasih sayang yang dy beri benar-benar bisa aku rasain…

Sebenernya, sejak pindah ke Palembang kak ricky ga pernah tinggal di rumah orang tua, dy tinggal di rumah ayah-ibunya papa… waktu itu umur kak ricky sekitar 11 bulan, dy baru keluar dari rumah sakit. Sejak saat itu, gede (ayahnya papa) minta kak ricky tinggal dirumahnya aja… tapi, dari foto-foto kita jaman dulu, aku ngeliat ada kak ricky maen dirumah…

clip_image002

Ini kak ricky,, yang pake kaos dalem itu yuk nani-anak pertama papa-ibu, yg pake baju kuning itu aku.

clip_image003

Ini lagi jalan-jalan di taman,, aku yang digendong ibu… kk ku ganteng ya… tapi fotonya dicoret-coret…-_-

clip_image004

Ini waktu mudik ke dusun nenek (ortuny ibu),

Dulu, waktu kecil aku belum deket banget sm kk. Aku lupa sejak kapan kita jadi sedeket ini. Yang aku ingat, aku mulai tinggal di rumah nyai sejak SMP kelas 2, tiap minggu kadang pulang ke rumah ortu. Tapi, waktu itu aku masih canggung ‘n takut ngobrol sm kk. Hum,, aku inget waktu itu aku mulai ngobrol sm kk sejak kita ngangkut air dirumah saudara, waktu itu aku masih SMP. Trus, kita jadi bener-bener deket pas aku SMA. Banyak hal yang dilalui bareng kk. Kita juga suka cerita-cerita. Mulai dari cerita di sekolah, cerita tentang guru, tentang temen, sampe tentang lawan jenis. Dan, cuma aku yang banyak tau tentang cerita masa-masa SMP, SMA, KULIAH bahkan dunia KERJA kak ricky. Aih,,, kalo diinget-inget, banyak banget cerita tentang kita. Dan aku bener-bener kangen.

Kangen dengan sesosok kakak yang ngelindungin adeknya banget, kangen dy yang jahil, kangen lelucon atau humor yang selalu dy kasih ke aku, kangennnnn…. Aku sayang banget ma kak ricky. Satu-satunya kakak ku yang cowok…

Dy itu…

- My Hero..

Dy yang selalu ada buat aku. Yang ngebelain aku saat aku bener. Kalo aku mw apa2, aku pasti bilang ke kk, kalo kata dy boleh pasti kata ortu juga boleh. Istilahnya, dy itu penjaringan pertama tentang segala hal yang mw aku lakuin. Kalo dy uda ngijinin untuk birokrasi ke ortu bisa dg gampang aku lalui cz ada dy yg ngedukung aku. Dy yang selalu care ma aku, kalo aku mw kemana2 pasti ditanyain dulu ma dy, trus dy bakalan bilang “Ya uda, be careful ya..”.

- So sweet banget

Setiap aku nangis, dy bakalan ngehibur aku dengan nyanyi laguny dewa yg berjudul “Hadapi dengan Senyum”, dan taraaa… aku berenti nangis. Kalo aku sakit, atau kecapekan dy yang suka mijitin aku. Pijitan kak ricky enak… hehe,, dy juga yang nyuapin aku pas aku sakit. Aku inget banget pas SMA kelas 3, pulang sekolah aku langsung tepar di depan tipi, ternyata aku sakit tifus, trus karena ga kuat buat ngapa-ngapain, aku disuapin makan ma dy,, dy baik banget pokoknya. Kita juga sering masak nasi goreng bareng pas malem minggu. (aku ga pernah mengistimewakan malem minggu, aku juga ga pernah malem mingguan sm siapa pun kayaknya, walopun uda punya pacar..he,,). Makanya aku suka kangen kalo lagi pas malem minggu. Kangen menghabiskan waktu di malam minggu bersama. Biasanya, aku yang nyiapin bumbu ‘n numisnya, yang aduk-aduk ‘n ngerasain rasany nasgor itu bagian kak ricky. Pas uda jadi, kita langsung makan dengan lahapnya sambil nonton tipi.

- Teman curhatku

Hum,, banyak hal yang sering aku certain ke dy pas jaman SMA dulu, mulai dari masalah di sekolah, temen, guru, bahkan cowo. Dy yang paling tau. Aku juga tempat curhat dy. Di keluargaku, Cuma aku tempat dy cerita. Mulai dari kejadian pas SMA, KULIAH, temen, sampe masalah cewe. Kalo aku ada masalah, aku juga pasti cerita ke dy.

- Rivalku

Apalagi pas nonton tipi ‘n ada siaran bola. Aku ga suka nonton bola. Jaman SMA dulu, aku suka banget nonton reality show, tapi kak ricky ga suka. Kata dy, itu semua bohong. Tapi kadang dy suka ngalah..hehe,, jadi aku nonton reality show tapi dy ga nonton bola. berlaku untuk beberapa kali aja.

o’iy, Aku jadi suka setiap acara tipi yang dy tonton, kayak film Heroes, Kiamat Sudah Dekat, Para Pencari Tuhan, dll. Soalnya ceritany bagus ‘n lucu. Kita juga suka nonton spongebob bareng. Kak ricky selalu bisa niru suara Patrick ‘n ketawany spongebob… aku suka dengernya. Bikin aku ketawa…

- Aku suka nyabutin bulu kaki kk,,

Hehe, jail banget ya… kata kak ricky sakit. Tapi, aku ga percaya… hehe,,

- Dy suka nganter-jemput aku,,

Walopun Cuma dari rumah sampe depan jalan raya doang. Tapi, aku seneng. Soalnya irit ongkos tukang ojek ‘n safety. Tapi, Buat keluar dari area itu atau ke jalan raya, kak ricky belom berani. Hehe. humm,, lumayanlah….

- Care banget

Aku inget, pas aku masuk rumah sakit pas tingkat 2 kemaren, dy nelpon aku. Kata dy, “yang ngejagain kw siapo??”… hum,, dy terlalu memikirkan hal itu…

- Dewasa banget, sabar banget…

Jarang marah, sekalinya marah bisa jadi sangat mengerikan. Waktu itu aku pernah dimarahin, sampe aku nangis. Abiznya dy serem marahnya, kak ricky sampe ngelempar apel ke tembok. Eh, malah kena kaca. Kacanya pecah. Tapi, abiz itu dy langsung sms minta maaf (padahal serumah). ckckck,,

Hum,, secara garis besar itu lah kk q. orang yang sangat aku sayang setelah papa dan ibu. O’iya… aku masih inget waktu itu, ga beberapa lama setelah perpisahan ma kk di bandara Soekarno-Hatta. Aku masih berusaha menghentikan tangisku, aku sempat berkirim pesan dg kk. Aku bilang aku sayang kk. Trus dy bales, dy juga sayang aku. Kata dy, “Di dunia ini, ada 4 wanita yang aku sayang. Nyai, Ibu, kau, dan seseorang di masa depan”. Merasa beruntung banget jadi adek kesayangan…hahaha..(pede).

Lanjut, pokoknya kemarin itu aku ngerasa mendung. Air mata jatuh terus. Abu-abu pokoknya. Walopun seneng juga,,hehe…

Selesai kuliah, aku dan neila langsung cari makanan buat buka ‘n sahur. Abiz itu, pulang sampe akhirnya solat tarawih. Nah, selesai solat tarawih ‘n makan. Aku dapet sms dari opan. Dy nanyain aku dikos atau nggak. Ternyata oh ternyata, dy dateng mw ngasih kado ke aku. Dy Cuma bentar doang. Pas di kamar, kadonya langsungku buka. Isinya Foto Frame… Sederhana, tapi aku suka. Kata dy, Framenya kan ada 6, nah…aku bisa isi dengan foto orang-orang yang aku anggap penting dalam hidup ini… ^^

Ni dy wujud Foto Frameny,,

clip_image005

kayak jemuran,,hehe…tapi aku suka..^^

Makasi ya opan,, wah… kasih bintang 5 ni buat opan. Jadi yang pertama ngucapin di Friday13 plus orang pertama yg ngasih saya kado. Yang penting niatnya… makasi ya,, uda mw berbagi waktu dengan saya, berbagi cerita juga…^^

O’iy, baru inget sebelum berangkat tarawih, mas agus nelpon… dy ngucapin ultah ke aku. Dan, dy bilang, dy lupaa… aku sempet kecewa. Jadi, ga terlalu menikmati telponnya. Nada suara jadi jutek juga… aku sadar aku salah. Aku tetep makasi ya,mas… karena uda mw capek-capek nelpon aku ditengah kesibukan bersama skripsi, walopun yang mengingatkan hari kemarin adalah FB. Ya,,, aku tetep makasi aja…

*Untuk kesekian kalinya, dy selalu jadi orang kesekian atau bahkan lupa tanggal yang aku anggep penting. Ya uda, ga apa-apa.

Humm,, aku belajar banyak hal kemarin. Bahwa, kita ga boleh terlalu berharap sama orang. karena Cuma kecewa yang kita dapat. Kita juga ga boleh terlalu sayang ma orang. Yang ada sakit aja yang kita dapat. Ada lagi, manusia kecewa itu wajar. Tapi, jangan terlalu lama. Ga enak menyakiti perasaan diri sendiri. Humm,, terus… ga boleh manja lagi-ga boleh lebay juga…

“Aku ga butuh kata-kata manis dari mulutmu. Karena, belum tentu apa yang diucapkan sama dengan yang ada di hati. Aku lebih menghargai tindakan atau caramu memperlakukan aku. Karena dari itu, aku bisa tahu, seberapa besar rasa sayangmu ke aku. Dan, untuk saat ini saya belum menemukan apa makna sayang di setiap ucapanmu. Karena, saya merasa kehilangan, kehilangan begitu mendalam. Kehilangan sosok dirimu saat pertama kali kita menjalin hubungan. Care-selalu mensupport-dan tindakan kamu juga menambah keyakinan akan perasaan ini. Dan, sekarang saya kehilangan sosok itu.”

Astaghfirullah…

_Cerita Hari ini_

Hari ini, hari terakhir kuliah di tingkat 3. Aminnn… kita sempet foto-foto bareng. O’iy, sebelumnya, abiz selese sesi1. Pas pulang, aku bareng neila. Aku ikut dy lewat lorong kosnya. Pas nyampe depan kosnya, taraaaa dy ngeluarin sebuah novel dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas karya Andrea Hirata. Aku kaget!!! sekaligus seneng,, ni wujud asli tu novel…

clip_image006clip_image007

Ni, novelnya… Hadiah dari Neila dan Liza. Makasi Ya…. ^^ tapi, belom sempet dibaca…he,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar